Resep Cara Membuat Ketupat

www.anekaresepmasakan.orgKetupat adalah makanan khas dari Asia Tenggara Maritim (seperti Indonesia) yang menggunakan bahan dasar dari beras yang dibungkus dengan bahan yang terbuat dari janur (daun kelapa). Ketupat banyak disajikan saat hari raya lebaran, yaitu saat umat muslim merayakan selesainya bulan ramadhan. Ketupat memiliki nama lain yaitu Kupat. Ketupat bukan hanya ada di Indonesia, ketupat juga ada di  Malaysia, Brunei, dan Singapura.

Saat berkunjung ke rumah saudara, rumah tetangga, atau rumah kakek nenek, kita pasti akan bertemu dengan ketupat. Seolah-olah lebaran itu harus ada ketupat diatas meja makan. Lalu bagaimana jika anda tidak bisa membuat ketupat sendiri. Membuat ketupat terbilang susah jika sebelumnya anda tidak mengerti cara membuatnya. Mungkin anda bisa membeli ketupat dipasar atau ditempat lainnya. Namun anda tidak akan pernah tahu betapa asyiknya membuat ketupat dengan tangan sendiri. Berikut adalah tutorial membuat ketupat dengan mudah.



Resep Ketupat

Bahan Membuat Ketupat
  • Beras secukupnya
  • Janur yang akan dibuat untuk wadah/bungkus ketupat
  • Garam secukupnya
Cara Membuat Ketupat
  1. Cuci beras sampai bersih,lalu rendam beras tersebut selama 2 atau 3 jam dengan menambahkannya sedikit garam. Lalu tiriskan beras tersebut.
  2. Buatlah anyaman dari daun janur untuk bungkus ketupat. Jika anda belum bisa membuat wadahnya, anda bisa membeli wadah ketupat kosongan di pasar.
  3. Isi bungkus ketupat dengan memasukkan beras. Jangan terlalu penuh, isi saja bungkus ketupat sampai sepertiga bagian atau setengan bagian dari bungkus ketupat tersebut.
  4. Cari dandang/panci dengan ukuran besar. Isi dandang dengan air lalu nyalakan kompor. Saat air mendidih, segera masukkan ketupat ke dalam panci. Masak ketupat sampai 2 - 3 jam.
  5. Jika dirasa ketupat sudah matang, maka angkat ketupa dari panci untuk dihidangkan di meja makan.

Ada bebera Tips Membuat Ketupat yang mungkin berguna untuk anda.
  • Untuk membuat ketupat agar terlihat bagus, maka pilihkah daun janur yang bagus pula.
  • Untuk membuat ketupat menjadi kenyal dan awet, maka saat merendam ketupat bisa ditambahkan dengan sedikit air kapur sirih.
  • Saat merebus ketupat, alangkah baiknya jika ketupat selalu dalam keadaan terendam air rebusan.
  • Sesudah ketupat matang, segera siram dengan air dingin dan gantung ditempat yang terkena air. Hal ini bertujuan untuk mengeringkan airnya, sehingga ketupat tidak akan cepat basi.

Related Posts:

1 Response to "Resep Cara Membuat Ketupat"

  1. Bikin ketupat udah biasa, yang gak biasa bikin kerangka ketupatnya.hehehe

    ReplyDelete