Manfaat Meminum Kopi Bagi Kesehatan Tubuh

www.anekaresepmasakan.org - Kopi merupakan minuman dari hasil olahan biji kopi yang telah dimasak dengan cara disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk kopi. Dua jenis kopi yang paling terkenal seara umum adalah kopi robusta dan kopi arabica. Selain itu di Indonesia juga terkenal dengan kopi luwak. Kopi memiliki aneka citra rasa yang beragam tergantung jenisnya, cara memasaknya, dan cara penyajiannya. Kopi telah menjadi minuman sehari-hari. Kopi biasa diminum di pagi hari untuk memulai aktivitas. Bahkan minum kopi telah menjadi trend tersendiri bagi peminatnya. Kopi selain lezat, juga memiliki banyak khasiat untuk tubuh kita, apa sajakah itu?


Manfaat Kopi

1. Kopi Dapat Mencegah kanker
Kanker adalah penyakit berbahaya yang dapat mengambil nyawa manusia. Berdasarkan penelitian dari Jepang tentang kopi, ternyata kopi memiliki kandungan antioksidan yang berfungsi untuk mengurangi resiko terjadinya gejala kanker pada tubuh. Resiko terkena penyakit kanker usus besar menurun sebesar 25% jika kita meminum kopi 2 kali sehari.



2. Kopi Dapat Mengurangi Depresi
Depresi atau stres memang terjadi pada semua orang. Dengan mengkonsumsi kopi ternyata bisa meningkatkan mood dan menimbulkan rasa bahagia. Menurut penelitian, Mengkonsumsi kopi 3 sampai 4 gelas kopi dapat mengurangi depresi.

3. Kopi Dapat Meningkatkan Stamina
Ketika kita melakukan banyak aktivitas maka stamina atau energi kita akan berkurang. Kopi dapat meningkatkan energi seseorang karena mengandung zat kafein. kafein juga mempunyai dampak positif pada daya konsentrasi. Kafein juga membuat perasaan segar dan tidak mudah mengantuk.

4. Kopi Dapat Mengurangi Resiko Diabetes
Diabetes adalah salah satu penyakit berbahaya, di Indonesia lebih dikenal sebagai penyakit kencing manis. Rutin meminum kopi Tanpa Gula dapat membantu menurunkan resiko diabetes tipe 2. Zat polifenol dan asam klorogenik pada kopi berperan aktif mengurangi resiko diabetes juga meningkatkan kontrol gula pada penderita diabetes.

5. Kopi Dapat Mencegah Alzheimer
Alzheimer adalah jenis peyakit demensia yang ditandai oleh melemahnya daya ingat, hingga gangguan otak dalam melakukan perencanaan, penalaran, persepsi, dan berbahasa. Penyakit Alzheimer biasanya menyerang orang tua atau lansia yang berumur 60 tahun keatas. Namun gejala alzheimer semakin meningkat setiap tahun, bahkan anak muda hingga orang dewasa sudah bisa mengidap alzheimer. Minum kopi tiap hari dapat mengurangi resiko alzheimer sampai 60%.

6. Kopi Dapat Menjaga Kesehatan Mulut
Peneliti dari Boston University mencetuskan bahwa minum kopi bisa melindungi mulut dan gigi dari penyakit seperti peradangan gusi dan peradangan pada tulang rahang. Antioksidan dalam kopi memungkinkan untuk meredam proses peradangan yang bisa merusak gusi dan tulang rahang. Namun jangan terlalu banyak mengkonsumsi kopi, karena terlalu banyak meminum kopi justru malah bisa mengubah warna gigi.


7.  Kopi Dapat Melindungi Hati
Hati adalah salah satu organ terpenting manusia. Hati manusia bisa terkena beberapa macam penyakit hati. Antioksidan yang terkandung didalam kopi dapat melindungi hati dari peradangan hati yang diakibatkan oleh radikal bebas maupun racun. Meminum kopi 2-3 cangkir perhari secara rutin bisa menurunkan risiko penyakit hati.

8. Kopi Dapat Mengurangi Resiko Penyakit Jantung
Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang paling berbahaya di dunia. Sebuah studi yang dilakukan kelompok ilmuwan dari John Hopkins University, Meminum kopi ternyata bisa menurunkan resiko penyumbatan arteri yang bisa menyebabkan serangan jantung. Ada sebagian gosip yang beredar bahwa kopi dapat menyebabkan penyakit jantung, dan itu salah! Memang benar beberapa orang saat minum kopi, jantungnya dirasa berdebar. Namun jantung berdebar itu karena pengaruh kafein. Efek jantung berdebar hanya terjadi dalam waktu yang singkat saja, setelah itu akan hilang.

Related Posts:

0 Response to "Manfaat Meminum Kopi Bagi Kesehatan Tubuh"

Post a Comment