Manfaat Mengkonsumsi Coklat Bagi Kesehatan Tubuh

www.anekaresepmasakan.org - Kamu suka makan coklat? Berarti tindakanmu tepat sekali. Selain enak, coklat juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh manusia. Sebagian orang menganggap coklat itu tidak memberikan manfaat apa-apa bagi tubuh, namun pendapat itu sangat salah. Beberapa orang juga berpikir kalau cokelat bisa bikin badan gendut. Lalu apa fakta tentang coklat yang sebenarnya?

Cokelat merupakan hasil olahan makanan atau minuman yang berasal dari biji kakao. Penduduk Mesoamerikaa kuno adalah yang pertama kali mengkonsumsi cokelat sebagai minuman. Ada pula cerita bahwa dahulu cokelat hanya bisa dinikmati oleh para bangsawan yang kaya raya.

Cokelat atau coklat memiliki warna seperti namanya yaitu coklat, coklat gelap, namun ada juga yang berwarna hitam, bahkan ada yang berwarna putih. Coklat memiliki rasa manis yang khas. Coklat biasanya diberikan sebagai hadiah atau bingkisan di hari perayaaan tertentu. Coklat juga biasanya dipakai untuk pernyataan perasaan cinta, ungkapan terima kasih, dan menunjukkan simpati atau  perhatian kepada seseorang. Coklat biasanya tersedia dalam bentuk coklat batang atau minuman coklat.


manfaat cokelat

Manfaat Cokelat

1. Cokelat Memiliki Antioksidan Flavonoid
Flavonoid adalah salah satu zat antioksidan yang terdapat dalam buah kakao (coklat). Zat flavonoid mampu menangkal radikal bebas yang terbukti dalam mencegah sel kanker. Selain ditemukan di dalam coklat, senyawa flavonoid juga ditemukan di jeruk, anggur, dan teh.

2. Cokelat Mencegah Diabetes
Untuk Anda yang ingin terhindar dari penyakit diabetes, maka konsumsilah cokelat. Coklat dapat memperbaiki resistensi insulin. Dan bagi penderita penyakit diabetes tipe 2 adalah meminimalisasi gula darah yang tinggi. Tentu sangat dianjurkan mengkonsumsi coklat murni, karena ada coklat yang telah dicampur dengan bahan lain seperti gula, sirup jagung, dan pemanis lainnya.

3. Cokelat Melancarkan Aliran Darah
Coklat dapat melancarkan aliran darah. Jika aliran darah lancar maka akan terhindar dari penyakin jantung dan juga terhindar penyakit stroke.

4. Cokelat Menurunkan Tekanan Darah
Mengkonsumsi cokelat mampu menekan tekanan darah sistolik hingga dua poin, artinya cokelat ampuh untuk menurunkan tekanan darah.

5. Cokelat Menurunkan Kolesterol JahatCokelat dapat meningkatkan HDL (High Density Lipoprotein) atau kolesterol baik dan dapat menurunkan LDL (Low Density Lipoprotein) atau kolesterol jahat.

6. Cokelat Mengurangi Resiko Penyakit Jantung
John Hopkins, seorang peneliti dari University School of Medicine menemukan bahwa coklat hitam mampu mengurangi resiko penyakit jantung sampai 50%. Diane Becker, MPH, ScD menyebutkan bahwa orang yang mengkonsumsi cokelat mengalami pembekuan trobosit yang lebih lambat daripada mereka yang tidak mengkonsumsi cokelat. Ketika darah trombosit mengalami pembekuan, maka akan terbentuk blok bekuan dalam pembuluh darah, hal inilah yang dapat memicu serangan jantung.

7. Cokelat Sebagai Makanan Diet
Mungkin Anda tidak percaya bahwa cokelat dapat digunakan untuk diet. Namun sebuah penelitian oleh University of Copenhagen menemukan fakta bahwa cokelat hitam menimbulkan perasaan lebih kenyang daripada cokelat putih. Hal ini memungkingkan bahwa cokelat mampu digunakan untuk diet, bahkan bisa untuk menurunkan berat badan. Namun jangan pula mengkonsumsi terlalu banyak karena beberapa cokelat adalah makanan yang tinggi lemak.

8. Cokelat Mengatasi Diare
Flavonoid yang terdapat pada kakao akan mengikat protein yang mengatur sekresi cairan dalam usus kecil dan hal itu berguna untuk menghentikan diare, temuan ini ditemukan oleh kelompok ilmuan yang berada di Rumah Sakit Anak Oakland Research Institute.

9. Cokelat Meningkatkan Intelijen
Minum kokoa yang kaya flavanol dapat berpotensi dalam meningkatkan aliran darah ke bagian-bagian kunci dari otak dalam waktu selama 2 sampai 3 jam. Tentu ini akan meningkatkan kinerja otak dan kewaspadaan otak dalam durasi jangka pendek. Ini merukan temuan dari A University of Nottingham.


Mengkonsumsi Cokelat itu baik karena memberikan efek positif bagi tubuh kita. Namun jangan terlalu berlebihan dalam memakan cokelat atau meminum cokelat karena segala sesuatu yang berlebihan pasti tidaklah baik. Apalagi sekarang cokelat yang beredar di pasaran bukanlah cokelat murni, melainkan cokelat yang telah ditambahkan gula, sirup jagung, atau bahan pemanis lainnya, namun tetap saja cokelat memiliki manfaat besar seperti kandungan zat antioksidan didalamnya.

Related Posts:

0 Response to "Manfaat Mengkonsumsi Coklat Bagi Kesehatan Tubuh"

Post a Comment